HALALCORNER.ID, JAKARTA – Profesor dan ilmuwan Indonesia yang dipercaya ikut membangun industri halal di negara Saudi Arabia tersebut adalah Irwandi Jaswir (48). Beliau merupakan pemenang King Faisal International Prize 2018 dan juga seorang profesor senior bidang Bioteknologi Pangan di International Islamic University Malaysia .

Irwandi menuturkan dirinya diberi tanggung jawab untuk merancang strategi negara Saudi Arabia sebagai pemain industri halal terkemuka di dunia.

“Saat itu, Pemerintah Saudi Arabia meminta saya presentasi tentang industri halal global dan peranan apa yang bisa dilakukan oleh Saudi sebagai kiblat Islam sedunia,” ujarnya saat ditemui di Kuala Lumpur.

Menurut Irwandi, untuk memfasilitasi dirinya, Pemerintah Saudi bahkan mendirikan “Halal Centre” yang langsung berada di bawah lembaga Saudi Food and Drugs Authority (SFDA). Selain itu, meski berstatus penasehat untuk Pemerintah Saudi Arabia di sektor industri halal, Irwandi juga diperbolehkan untuk menetap di negara lain dan hanya datang ke Riyadh beberapa bulan sekali untuk menunaikan tugas dan tanggung jawabnya disana.

Terkait pendirian Halal Centre, Irwandi juga memberi penjelasan tentang hal tersebut .

“Sebenarnya ide pendirian Halal Centre di Saudi ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kami ngobrol-ngobrol dengan para saintis di sana dan petinggi SFDA. Mereka bahkan sempat berkunjung ke laboratorium saya di Malaysia,” kata Irwandi.

Irwandi memang tidak asing lagi dengan negara Saudi Arabia. Sebagai saintis, hasil penelitiannya yang sangat impresif dan bermanfaat, membuat Pemerintah Saudi berulangkali mengundangnya hadir di berbagai seminar dan konferensi di negara kaya minyak tersebut. Irwandi bahkan pernah mendapatkan dua dana penelitian berjumlah jutaan Riyal yang setara dengan milyaran Rupiah terkait gelatin halal serta kajian kehalalan makanan anak-anak di Saudi.

Semoga bermanfaat, silakan di share.

===

Sumber: www.antaranews.com

Fan page                : HALAL CORNER
FB Group               : http://bit.ly/1SL4wQB
Website                 : www.halalcorner.id
Twitter                   : @halalcorner
Instagram              : @halalcorner

===

Redaksi : HC/Zul

Bagaimana pendapat kalian?