apakah Teh kombucha halal?

Photo of author

By IB

HALALCORNER.ID, JAKARTA – Bahasan tentang produk fermentasi dalam keseharian kita. masih sangat menarik untuk disimak.  Salah satu alasan mengapa produk fermentasi sangat digemari karena khasiatnya untuk kesehatan. Produk fermentasi yang tengah viral belakangan ini di media sosial adalah teh kombucha, yang kemudian memunculkan pertanyaan, apakah teh kombucha halal?

Teh kombucha atau teh jamur sejak lama dikenal sebagai salah satu alternatif untuk memperbaiki kualitas kesehatan. Teh berwarna kuning oranye ini memiliki rasa manis dan sedikit asam. Teh kombucha berkhasiat menjaga pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Adanya antioksidan dan kandungan bakteri probiotik yang tinggi membuat teh kombucha berkhasiat meningkatkan imunitas tubuh.

Teh kombucha terbuat air teh dan gula yang ditambah dengan mikroba bakteri Azetobacter xylum dan ragi Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp hingga terjadi fermentasi.

Dalam proses pembuatannya, larutan teh dan gula yang telah ditambah mikroba dibiarkan selama 8 – 12 hari sebelum mulai dipanen. Proses fermentasi akan menghasilkan asam asetat, asam folat, asam amino esensial, vitamin B, dan vitamin C sehingga teh kombucha berperan sebagai antioksidan dan antibakteri.

Meski sebagian kalangan medis banyak yang berpendapat teh kombucha tak aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu lama karena kandungan asamnya yang kuat, teh yang dikenal sejak dinasti Qin sebagai minuman detoks dan energi ini kini tak hanya dinikmati di Asia namun juga banyak diminati masyarakat Eropa.

Sebetulnya, bagaimana ya status kehalalan teh kombucha ini?

Status kehalalan teh kombucha telah lama menjadi isu global karena dalam proses fermentasi dihasilkan pula etanol atau yang biasa kita kenal sebagai alkohol atau khmar.

Menurut Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 10 Tahun 2018 menyatakan produk minuman hasil fermentasi yang mengandung alkohol-etanol kurang dari 0,5% berstatus hukum HALAL selama tidak membahayakan secara medis.

Selama teh kombucha dihasilkan dari rangkaian proses yang tidak ditujukan atau diniatkan untuk pembuatan khamr dan secara konsisten memenuhi proses standar yang menghasilkan alkohol <0,5% maka teh kombucha yang dihasilkan dapat mendapatkan sertifikasi halal.

Fan Page     : HALAL CORNER

FB Grup       : bit.ly/FBGrupHalalCorner

Website      : www.halalcorner.id

Twitter        : @halalcorner

Instagram   : @halalcorner

Referensi : diolah dari berbagai sumber Redaksi : HC/AM[:en]

Gambar : canva

2 pemikiran pada “apakah Teh kombucha halal?”

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!