halal subway

Via detikfood

Jakarta – Ada kabar gembira bagi muslim Inggris atau wisatawan muslim. Selain KFC,Subway menjadi satu lagi jaringan restoran cepat saji internasional asal Amerika Serikat yang menyediakan menu halal di beberapa cabangnya di Inggris.

Subway terkenal akan sajian submarine sandwich (sandwich dengan roti Italia atau Prancis yang panjang) serta salad-nya. Olahan daging babi seperti salami, pepperoni,dan bacon acapkali ditemui sebagai isiansandwich-nya, meski adapula pilihan daging ayam, kalkun, tuna, atau sayuran.

Namun, muslim tak perlu khawatir bersantap di restoran ini. Sebab, 185 cabang dari total 1.500 gerai Subway di Inggris kini menyajikan makanan halal. Semua daging yang disajikan sudah dinyatakan halal oleh Yayasan Islam Irlandia, kecuali ‘Chicken Temptation’ yang bersertifikat halal Komite Islam Thailand.

Sajian Subway yang mengandung ham dan bacon diganti dengan ham kalkun dan rasher kalkun. Logo halal dapat dilihat di jendela depan toko, panel menu, serta informasi nutrisi. Sertifikat dari kedua lembaga Islam tadi juga terpajang di setiap gerai Subwayhalal.

Langkah ini diambil sejak 2007 untuk memenuhi permintaan konsumen di masing-masing lokasi. Demografi populasi yang berasal dari berbagai budaya berbeda di Inggris dan Irlandia menjadi pertimbangan setiap akan membuka gerai baru Subway.

Subway menyaratkan seluruh pemasoknya memenuhi undang-undang kesejahteraan hewan Uni Eropa, yakni dengan memingsankan hewan sebelum disembelih.

Subway juga memastikan daging yang disajikan di gerai-gerai halalnya diproduksi sesuai standar tinggi dalam rasa, tampilan, dan kualitas. “Tujuannya adalah memastikan rasa produk halal sesuai dengan rasa daging ‘Standar Emas’ di gerai-gerai Subway lain,” tulis Subway di situs resminya.

Subway adalah operator restoran terbesar secara global dengan 41.766 gerai di 106 negara.

Bagaimana pendapat kalian?