HALALCORNER.ID, JAKARTA – Berwisata bagi seorang muslim perlu mempertimbangakan aspek kenyamanan beribadah dan makanan yang halal. Pertumbuhan wisata halal semakin meningkat dan menjadi trend wisata global karena jumlah muslim yang berwisata semakin meningkat pula. Arabian News melansir delapan negara yang layak menjadi destinasi wisata halal, diantaranya adalah:

Indonesia. Dengan populasi muslim sekitar 87,2 persen dari total penduduknya, Indonesia sangat familiar dengan budaya Islam. Negara kepulauan terbesar di dunia ini, memiliki keindahan alam yang luar biasa, tempat tempat bersejarah hingga berbagai lansekap alam mulai dari pantai, pegunungan, wisata bahari dalam balutan iklim tropis yang hangat. Tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan antara lain Jakarta, Bali, Jogjakarta, Sumatra Barat, Aceh dan Surabaya.

Malaysia. Malaysia termasuk salah satu negara paling ramah terhadap wisatawan mancanegara. Dengan popolasi muslim sekitar 60 persen, Malaysia menyediakan berbagai fasilitas yang syar’i untuk wisata halal, seperti aneka kuliner halal, hotel syariah, populasi yang multietnis hongga berbagai situs sejarah. Beberapa tempat yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan diantaranya Kuala Lumpur, Penang, Cameron Highlands, Malaka, Malaysia Borneo.

Turki. Turki merupakan salah satu negara tujuan wisata halal dunia karena populasi muslimnya mencapai 98 persen dari total penduduknya. Disamping itu Turki memiliki sangat banyak situs sejarah kejayaan Islam bernuansa Eropa, budaya tradisionalnya sangat islami. Tempat yang paling populer untuk dikunjungi adalah  istana Topkapi, Masjid Sultan Ahmed, Cappadocia, Selat Bosporus serta Anatolia.

Yordania. Negara ini menjadi destinasi wisata halal karena selain populasi muslimnya mencapai  97,2 persen, juga karena situasi alamnya yang unik, memiliki
fitur pasir merah yang indah, perairan apung di Laut Mati, padang pasir Wadi Rum, dataran basalt vulkanik dengan batu batu besar, tebing-tebing yang menjulang, bukit-bukit yang dipenuhi pohon zaitun serta reruntuhan situs sejarah Petra dan Jerash yang megah. Tempat yang sering dikunjungi wisatawan adalah Aqaba, Irbid,Amman, Irbid, Ajlun dan jerash.

Mesir. Mesir memiliki warisan budaya dan sejarah yang besar dengan populasi Muslim mencapai  94,7 persen. Negara di Afrika Utara ini merupakan destinasi wisata yang populer, aneka restoran halal dan wisata di sepanjang sungai Nil.
Kairo dan Luxor adalah tempat yang paling sering dikunjungi.

Maroko. Maroko memiliki populasi Muslim sebesar 99 persen
dengan budaya yang unik, karena modernitas bisa berpadu dengan tradisional. Penduduknya ramah, makanan halal mudah ditemukan serta masjid-masjid yang nyaman membuat Maroko menjadi destinasi wisata halal. Tempat yang sering dikunjungi yaitu Marrakech dengan resor halal paling mewah, Masjid Hassan II , masjid terbesar kedua di dunia di Casablanca.

Spanyol.  Negara ini memiliki populasi muslim sebesar 50 persen.
Terletak di Benua Eropa, Spanyol memiliki Masjid-masjid yang indah sebagai monumen Islam yakni  Central Madrid, atau Masjid Abu-Bakr, Istana Alhambra , Masjid Agung Cordoba, Alcazar Royal Palace,  Istana Viana, serta Madinat Al Zahra.

Malta. Malta adalah salah satu tujuan wisata halal yang populer di Eropa. Meskipun populasi muslimnya hanya sekitar dua persen, Malta memiliki banyak restoran maupun tempat hiburan. Negara yang merupakan pulau kecil di Mediterania ini menjadi tempat liburan favorit pada liburan musim panas. Berbagai tempat yang sering dikunjungi yakni Valetta (ibu kota Malta),  Golden Bay, Pantai Blue Lagoon serta Islamic Centre of Malta.

Sumber: Republika.co.id

Redaksi: HC/Endah

Bagaimana pendapat kalian?