camilan jepang 1

 

Produsen makanan Jepang, Morinaga dan Calbee, akan produksi makanan bersertifikat halal di Indonesia. Ini langkah pertama untuk penuhi permintaan produk halal.

 

Nikkei Asian Review (22/04) melaporkan bahwa Morinaga akan memperkenalkan versi halal dari permen buah Hi-Chew ke beberapa supermarket dan mini market di Indonesia. Termasuk Jakarta, Surabaya, Bandung dan kota besar lainnya pada akhir April.

 

Permen tersebut sudah memenuhi aturan Islam seperti pemakaian gelatin halal dan bahan lainnya. Versi permen itu jadi produk halal pertama dari Morinaga.

 

Afiliasi Morinaga Kino Indonesia yang berdiri tahun 2013 akan menangani produksi. Sebuah lini khusus sudah ditambahkan pada pabrik perusahaan yang berlokasi di Semarang dengan biaya beberapa ratus juta yen.

 

Permen dengan berat kemasan 70 gram itu akan dihargai Rp 10.000 rupiah, sekitar 50% lebih mahal dari produk sejenis. Targetnya adalah pembeli kelas menengah dan kelas atas.

 

Morinaga juga sedang meninjau Indonesia sebagai basis ekspor untuk Malaysia. Begitu pula untuk negara berpopulasi muslim besar lainnya seperti Pakistan, Bangladesh dan Timur Tengah.

 

Sementara itu, pembuat camilan ringan Calbee, juga akan membuat dan menjual produk halal di Indonesia. Diperkirakan mulai bulan Juli tahun ini.

 

camilan jepang 2

 

Sumber : detikhealth

Bagaimana pendapat kalian?