HALALCORNER.ID, JAKARTA – Alhamdulillah, Indonesia baru-baru ini berhasil membuat pencapaian baru dengan menjadi juara pertama Wisata Halal terbaik di dunia versi Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019 yang dipresentasikan di Hotel Pullman Thamrin, Jakarta, Selasa (9/4/2019) lalu. Pada kesempatan ini, Indonesia meraih peringkat satu bersama negeri jiran, Malaysia.

“Tahun ini kami memiliki Indonesia dan Malaysia di spot teratas Global Muslim Travel Index (GMTI),” ujar CEO CrescentRating dan HalalTrip, Fazal Bahardeen.

Dalam pidatonya, Fazal memuji Menpar Arief Yahya atas perjuangannya membawa Indonesia dalam posisi teratas GMTI. Lima tahun sejak pertama bergabung dengan GMTI, akhirnya Indonesia posisi teratas wisata halal global.

Jika diamati, peringkat Indonesia dalam Global Muslim Travel Index memang terus meningkat tahun ke tahun. Pada tahun 2015 misalnya, Indonesia berada di peringkat 6, kemudian 2016 maju ke peringkat 4, lalu bertahap di tahun selanjutnya di peringkat 3 lalu peringkat 2, dan akhirnya peringkat pertama pada tahun 2019 ini.

Menpar Arief Yahya pun menyatakan bahagia atas pencapaian ini.

“Puji syukur saya panjatkan pada Allah. Akhirnya Indonesia nomor 1. Lima tahun saya tunggu ini,” ujar Arief Yahya.

Jika diurutkan lima besar wisata halal terbaik, maka setelah Indonesia dan Malaysia yang menduduki peringkat teratas, disusul Turki di peringkat ketiga dan Arab Saudi di peringkat keempat. Perangkat kelima diraih oleh Uni Emirat Arab.

“Indonesia adalah satu-satunya negara yang sangat progresif dan ini adalah prestasi yg diraih berkat usaha dan komitmen pemerintah Indonesia dalam hal ini Kemenpar,” ujar VP Mastercard Indonesia, Tommy Singgih.

Menurut catatan, tahun 2018 lalu ada sekitar 140 juta pelancong muslim dengan spending online hingga 35 milyar USD di Indonesia. Jumlah yang tergolong besar, bukan?

PR kedepannya, semoga Indonesia bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan terus membenahi aspek-aspek wisata agar bisa semakin maksimal dalam menjadi kiblat wisata halal di dunia.

===
Sumber: Detik.com
Fan page                : HALAL CORNER FB Group               : http://bit.ly/1SL4wQB Website                 : www.halalcorner.id Twitter                   : @halalcorner Instagram              : @halalcorner
Redaksi : HC/Zul

Bagaimana pendapat kalian?