thai airways halal food

Via Detik.com

Setelah maskapai penerbangan Jepang ANA, kini Thai Airways yang menyajikan menu halal di pesawat. Hidangan ini menggantikan seluruh sajian reguler di penerbangan dari dan ke Pakistan.

Sebenarnya, Thai Airways sudah menyajikan makanan halal sejak lama. Namun, hidangan ini harus dipesan di muka alias tidak tersedia jika tak diminta khusus. Kini, seluruh sajian Thai Airways di rute Pakistan sudah terjamin halal.

“Dengan layanan ini, kami tak perlu lagi khawatir tentang makanan di pesawat,” kata seorang penumpang yang terbang dari Karachi, Pakistan, menuju Bangkok, Thailand.

Menurut Polapat Neelabhamorn, country manager Thai Airways di Pakistan, ide menyajikan makanan halal muncul setelah melihat naiknya permintaan dari penumpang. “Khususnya dari Pakistan yang sudah kami layani selama 38 tahun,” ujarnya.

Manajer Penjualan Thai Airways Pakistan Asad Farrooqi mengatakan bahwa perusahaan ini menerbangkan lebih dari 100.000 penumpang dari Pakistan setiap tahun. “Penggantian seluruh makanan menjadi halal di penerbangan rute Pakistan menambah jumlah penumpang,” katanya.

Berdiri sejak tahun 1960, unit katering Thai Airways kini memproduksi 60.000 hidangan setiap hari yang 18%-nya halal. Berbasis di Bandara Suvarnabhumi di atas area seluas 87.000 meter persegi, unit usaha tersebut juga melayani lebih dari 10 armada regional dan internasional yang memerlukan hidangan halal.

“Banyak wisatawan memiliki aturan makan khusus yang berkaitan dengan kesehatan atau keyakinan. Kini, penumpang tak harus memesan makanan halal khusus untuk rute Pakistan,” ujar Piamboon Kungvarlvongse, Duty Manager katering di Bandara Suvarnabhumi.

Maskapai penerbangan di berbagai belahan dunia sudah menyajikan hidangan halal dalam jumlah sedikit. Namun, Thai Airways akan menjadi perusahaan pertama yang berbasis di negara minoritas muslim yang mengubah dapur utamanya menjadi halal.

Menurut The Express Tribune (28/05/2014), perusahaan ini juga jadi maskapai Asia-Pasifik pertama yang menawarkan hidangan halal untuk seluruh penumpang dari dan ke Pakistan.

Thai Airways adalah maskapai penerbangan nasional Thailand yang melayani 75 destinasi dan memiliki lebih dari 80 pesawat terbang. Dua fasilitas kateringnya di Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Don Muang sudah memperoleh sertifikasi halal dari Komite Islam Provinsi Samut Prakan pada 1 Januari 2008 dan 29 Juli 2011.

Selain makanan halal, Thai Airways juga melayani kebutuhan pangan khusus lain. Mulai dari makanan bayi dan anak, makanan untuk penderita diabetes, makanan vegetarian, sampai makanan kosher dan Hindu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here