HALALCORNER.ID, JAKARTA—Pasar makanan halal di Kanada meningkat pesat seiring pertumbuhan populasi muslim di sana. Sylvain Charlebois, seorang profesor dalam bidang distribusi makanan dan kebijakan Dalhousie University menyebutkan bahwa bisnis produk halal menjadi bisnis besar di Kanada karena mencapai $1 milliar dan ini akan terus tumbuh secara signifikan yakni sekitar 10 – 15 persen per tahun sebagaimana diberitakan oleh News1130(20/4).

Produk halal makin banyak ditemui di supermarket besar di Kanada, namun rantai pasokan yang kompleks menjadi kekhawatiran tersendiri akan munculnya produk halal yang dipalsukan.  Imam omar Subedar dari Halal Monitoring Authority of Canada menyebutkan bahwa telah terjadi kontaminasi sehingga memerlukan adanya inspeksi dan penelusuran produk. Untuk itulah pembentukan badan pengawasan halal sangat penting. Inilah yang memicu adanya CFIA ( Canadian Food Inspection agency) yang terus berkiprah untuk mengatasi penyalahgunaan label halal.

Produk halal di Kanada sat ini tidak hanya tersaji dalam toko-toko kecil saja, namun sudah merambah hingga para peritel, semisal Sobeys Inc yang meluncurkan toko Chalo Frescho pada tahun 2015. Toko ini menyajikan pembagian tempat untuk daging halal dan non-halal, juga berbagai ragam makanan untuk konsumen Asia Selatan. Selain itu loblaw Companies Ltd juga meluncurkan merek produk halal Sufra serta menjual merek lain dari produk daging sapi, domba, ayam kalkun, hingga yogurt dan permen.Terdapat pula situs halalfoodie.ca yang dimiliki oleh Salima Jivraj. Pendiri Halal Food Festival Toronto ini menyatakan bahwa  banyak imigran yang belum tentu tahu perlunya mencari produk halal di Kanada. Karena labelisasi halal tidak selalu merepresentasikan semua informasi tentang produk. Misalnya produk permen , jelly, yogurt yang masih memungkinkan mengandung gelatin babi.

Jaringan makanan cepat saji yang halal bisa menjadi tambahan pilihan di kanada seperti KFC, Popeyes dan Nandos. The Halal Guys juga telah ada di Toronto pada 5 Mei 2017.

Sumber: DetikFood

Redaksi: HC/Endah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here