HALALCORNER.ID – Jakarta. Bulan ramadhan adalah bulan dibukanya pintu pahala sebesar-besarnya, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menambah amalan harian kita di bulan ini. Salah satu amalan yang dimana muslim berlomba dalam bulan ramadhan adalah amalan sedekah. 

“Dunia itu untuk 4 jenis hamba: Yang pertama, hamba yang diberikan rizqi oleh Allah serta kepahaman terhadap ilmu agama. Ia bertaqwa kepada Allah dalam menggunakan hartanya dan ia gunakan untuk menyambung silaturahim. Dan ia menyadari terdapat hak Allah pada hartanya. Maka inilah kedudukan hamba yang paling baik.” (HR. Tirmidzi, no.2325, ia berkata: “Hasan shahih”).

Namun dalam bersedekah diwajibkan bersedekah dengan harta dan zat yang halal, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang sedekah sebiji kurma dari rejeki yang halal dan Allah hanya menerima dari yang baik,maka Allah menerimanya dengan tangan kanannya, kemudian mengembangkannya untuk pemiliknya, sebagaimana seorang dari kalian mengembangbiakkan anak kudanya, sampai satu suapan menjadi seperti gunung uhud,” (HR.Bukhari)

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

1. Puasa digabungkan dengan sedekah dan shalat malam sama dengan jaminan surga.

Puasa di bulan Ramadhan adalah ibadah yang agung, bahkan pahala puasa tidak terbatas kelipatannya. Sebagaimana dikabarkan dalam sebuah hadits qudsi:

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat. Allah Azza Wa Jalla berfirman: ‘Kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.’”(HR. Muslim no.1151)

Dan sedekah, telah kita ketahui keutamaannya. Kemudian shalat malam, juga merupakan ibadah yang agung, jika didirikan di bulan Ramadhan dapat menjadi penghapus dosa-dosa yang telah lalu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang yang shalat malam karena iman dan mengharap pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari no.37, 2009, Muslim, no. 759)

Ketiga amalan yang agung ini terkumpul di bulan Ramadhan dan jika semuanya dikerjakan balasannya adalah jaminan surga. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946)

2. Mendapatkan tambahan pahala puasa dari orang lain.

Menambah pahala puasa kita bisa kita dengan pahala puasa orang lain, maka pahala yang kita raih lebih berlipat lagi. Amalan menambah pahala puasa agar berlipat ganda yaitu dengan memberikan hidangan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.” (HR. At Tirmidzi no 807, ia berkata: “Hasan shahih”)

Berdonasi di Gerakan 1000 Iftor Halal

Komunitas Halal Corner kembali menggelar kegiatan tahunan spesial bulan ramadhan yaitu Gerakan 1000 Iftor Halal. Kegiatan ini merupakan kegiatan edukasi halal kepada masyarakat untuk bersedekah dengan yang halal bagi kaum dhuafa dan yatim piatu. Kegiatan yang memasuki periode ke 5 ini akan digelar di beberapa kota perwakilan Komunitas Halal Corner daerah. Mari bergabung bersama Komunitas Halal Corner untuk menambah pahala di bulan ramadhan ini.

Transfer Bank Syariah Mandiri
No. Rek. 7002682006
an Dunianti Hinda Maharani

Info lanjut kontak Vicky Rosita : 0895 3381 56341

redaksi: HC/AM

Bagaimana pendapat kalian?