HalalCorner, Surabaya- Mengisi liburan dengan berwisata, selain akan merefresh kembali otak yang jenuh dengan serangkaian pekerjaan juga akan membawa kita pada tempat-tempat baru, orang-orang baru dan tentunya pengalaman berharga yang dapat menjadi inspirasi bagi kita. Liburan nyaman dan aman adalah impian kita. Baik saat dalam perjalanan maupun sampai di tujuan.

Sebagai seorang muslim, berwisata juga harus mengikuti beberapa rambu-rambu  sehingga secara spiritual, berlibur akan menambah kecintaan kita kepada Allah SWT yang menciptakan kita.

Jika anda berkesempatan berlibur ke negara lain, ada tantangan tersendiri bagi kita karena pasti akan lebih banyak hal baru yang kita temui. Maka beberapa tips berikut ini patut anda coba:

  1. Memilih Negara Tujuan. Beberapa negara mungkin saja tidak pas untuk dijadikan sebagai negara tujuan berwisata karena pertimbangan kemudahan dalam melakukan ibadah bagi umat Muslim, oleh karena itu upayakan mencari informasi yang akurat tentang negara tujuan anda berwisata.
  2. Makanan Halal. Nah, makanan adalah aspek pokok dalam kehidupan kita, sedangkan halal adalah pilar syariah yang wajib kita penuhi. Maka pastikan anda sudah mengetahui pilhan restoran halal yang ada di negara tersebut. Jangan sampai anda mengalami masalah karena kesulitan menemukan restoran yang menyediakan menu halal.
  3. Tempat Ibadah. Menemukan masjid di negara tujuan wisata sangat penting untuk kemudahan kita dalam melaksanakan ibadah. Jika pun tidak tersedia, paling tidak kita bisa mendapatkan area ibadah yang ada meskipun kecil. Hal ini akan membuat anda merasa tenang selama berlibur.
  4. Busana muslim. Beberapa negara memiliki aturan yang membatasi penggunaan busana syar’i, sehingga mempengaruhi kenyamanan anda dalam berbusana muslim. Oleh karena itu hindari negara tujuan wisata yang kurang ramah terhadap busana muslim.

 

Redaksi: HC/EDR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here