Wah, Ada Taman Jajan Halal di Birmingham Inggris!

Photo of author

Via detikFood

Jakarta – Penduduk muslim di Birmingham, Inggris, kini bisa jajan tanpa harus was-was. Di 126 Leopold Street, sebuah taman jajan halal dibuka pertengahan April lalu. Beberapa perusahaan bahkan sudah membeli tempat yang bisa memuat 10 usaha halal.

Saat ini di taman jajan (food park) bernama First Halal Business Park tersebut ada tiga perusahaan pengolah daging, yakni JKY Food Solutions, Asia Halal Meat, dan Asia Halal Poultry. Sisanya akan menyusul.

JKY Food Solutions yang berdiri sejak 2010 menyuplai lebih dari 150 restoran dan 70-80 toko ritel. “Kami sebelumnya berlokasi di gedung yang terlalu kecil, jadi kami pindah ke tempat besar ini dan memiliki banyak ruang untuk bisnis halal lain,” ujar sang direktur, Muhammed Junaid.

Selain menyasar komunitas muslim, tutur Junaid, mereka juga memasok makanan untuk komunitas etnis lain. Dengan berdirinya taman jajan ini, mereka berharap bisa menciptakan lapangan kerja di wilayah tersebut.

Menurut Junaid, sejumlah perusahaan halal sudah mempertimbangkan untuk pindah ke taman jajan ini. Prime Halal Meat and Poultry,contohnya, berencana pindah ke sana dalam waktu dua minggu. Sementara itu, TA Wholesale akan bergabung setelah sebuah unit di taman tersebut direnovasi dan siap ditempati.

Menurut Naved Syed, Managing Director Janan Meat dan Penasihat Halal Asosiasi Bisnis Asia Yorkshire, inilah pertama kalinya komunitas muslim memiliki tempat dengan tujuan khusus seperti ini.

“Ini adalah langkah besar bagi muslim. Semua yang ada di tempat ini berspesifikasi tinggi. Perusahaanpun bisa menunjukkan bahwa mereka menangani makanan halal secara benar. Rasanya jadi jauh lebih mudah karena di tempat ini semuanya halal,” kata Syed.

Syed yakin bahwa usaha tersebut akan sukses karena dibiayai oleh swasta. “Bukan uang pemerintah. Bisnis ini dibangun oleh kongsi swasta jadi mereka akan memastikan usahanya sukses. Selain itu, para pembayar pajak tak terbebani biaya proyek ini,” tutur Syed, seperti ditulis meatinfo.co.uk (25/04/2014).

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!