Foto: Pixabay

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah lebih dari 17.000 pulau. Banyak potensi pariwisata yang bisa di ekspos untuk wisatawan terutama wisata halal. Namun dengan jumlah penduduk muslim yang besar, destinasi wisata dengan konsep islami/halal justru masih sedikit sekali tersedia. Menjawab tantangan ini, ada salah satu propinsi di Indonesia ang sejak bebrapa tahun terakhir mulai mengembangkan konsep pariwisata halal yaitu Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya di Pulau Lombok.

www.rinjanionline.com
Sembalun Valley Region (rinjanionline.com)

Lombok jadi satu-satunya daerah yang memiliki Peraturan Daerah (PERDA) mengenai pariwisata halal. Hal ini dirumuskan oleh DPRD NTB untuk menguatkan branding pariwisata halal yang kini melekat pada propinsi tersebut. Tak ayal tahun 2016 lombok memenangi hingga 4 (empat) kategori Kompetisi Wisata Halal Nasional 2016 yaitu Kategori Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik (Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok Tengah, NTB), Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik (Wonderful Lombok Sumbawa : www.wonderfullomboksumbawa.com , NTB), Destinasi Bulan Madu Wisatawan Muslim Terbaik (Kawasan Lembah Sembalun Lombok Timur, NTB) dan Kuliner Khas Terbaik (Ayam Taliwang Moerad, NTB).

Sebelumnya yaitu tahun 2015 Lombok berhasil memenangkan 2 kategori World Halal Travel Awards (WHTA) 2015 yang diselenggarakan di Abu Dhabi, UEA, 19-21 Oktober 2015. Lombok meraih penghargaan World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Haneymoon Destination. Pada acara yang sama tahun 2016 yang di umumkan Desember kemarin Lombok berhasil memenangkan tiga kategori yaitu World’s Best Halal Beach Resort dan Villas (Novotel Lombok Resort dan Villas), World’s Best Halal Travel Website ( www.wonderfullomboksumbawa.com ), dan World’s Best Halal Honeymoon Destination ( Sembalun Valley Region).

Source : Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here