keju

Via DetikFood

Jakarta – Berbagai makanan bisa dibuat dengan tambahan bahan-bahan tak lazim, seperti bir yang terbuat dari ekstrak ragi jenggot milik John Maier. Kini ada keju yang terbuat dari bakteri kaki dan ketiak manusia!

Seperti dikutip dari Gizmodo (28/10/2013), Christina Agapakis dan Sissel Tolaas akan menampilkan proyek keju dalam pameran Grow Your Own… Life After Nature yang diselenggarakan Trinity College di Dublin, Irlandia.

Keju berbentuk roda ini terbuat dari sampel bakteri kaki dan ketiak orang yang berbeda. Lewat karyanya, Agapakis dan Tolaas ingin menjelaskan bahwa minat terhadap bebauan dan mikroba menggiring mereka untuk membuat keju sebagai model organisme.

Dengan keju buatannya, Agapakis dan Tolaas juga ingin mengetahui bisakah pengetahuan dan daya tahan bakteri dalam makanan meningkatkan daya tahan bakteri dalam tubuh manusia. Hingga saat ini belum jelas apakah sampel keju dari bakteri akan dikeluarkan untuk publik.

Pameran Grow Your Own… Life After Nature sendiri berfokus pada karya-karya yang diciptakan dengan biologi sintetik, seperti potret yang terbuat dari hasil analisis DNA manusia yang ditemukan pada bekas puntung rokok.

“Biologi sintetik adalah pendekatan baru untuk modifikasi genetik, menerapkan cita-cita rekayasa untuk kompleksitas sistem kehidupan,” ujar Alexandra Daisy Ginsberg selaku pemimpin kurator.

Bagaimana pendapat kalian?