Berbelanja produk halal seakan sudah menjadi kewajiban bagi para muslim di Indonesia saat ini karena semakin hari semakin banyak umat muslim Indonesia yang melek halal.

Melihat kondisi demikian, para produsen pun berlomba-lomba memfasilitasi kebutuhan produk halal bagi umat muslim.

Nah, berikut halal corner akan memberikan tips bagaimana berbelanja produk halal untuk memudahkan muslim menemukan produk yang cocok
.
.
1. Mencari tau sebelum membeli
Jika berencana membeli sesuatu yang baru dan ingin tau halalnya tentu saja cara mudah yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tau. Untuk produk Indonesia tinggal mengecek daftar produk halal yang ada di website resmi MUI atau bisa juga dengan cara googling. Cara lain untuk memcari tau produk halal juga bisa dengan menghubungi halal corner dan bertanya kepada adminnya melalui berbagai platform medianya.
.
Jikaproduk yang akan dibeli berasal dari luar negeri dan tidak ada dalam daftar halal MUI, maka kita bisa juga mencari tau di lembaga halal negara asalnya, karena saat ini MUI pun sudah bekerjasama dengan 40 lembaga halal negara lain, maka halal yang berlaku di lembaga negara lain pasti sama dengan fatwa MUI.
.
.
2. Mengecek logo halal
Kadang kita tidak sempat untuk browsing dan tiba-tiba ingin langsung membeli ketika melihatnya. Tentu saja caranya cukup mudah yaitu mengecek logo halalnya pada kemasan. Namun harus diketahui juga, karena logo halal tidak cuma punya MUI tapi negara lain pun memiliki logo halal masing-masing dan logo tersebut belum tentu terlihat jelas tertera “halal”. Ada juga negara lain yang membuat logo halalnya dengan bentuk huruf H, juga ada huruf M, jadi jika senang mengkonsumsi produk buatan negara lain, ada baiknya kita hafal logo lembaga halal di negara tsb agar mudah mengecek logo halalnya pada kemasan.
.
.
3. Bertanya status halalnya
Mungkin ada daerah-daerah tertentu yang masih kesulitan dijangkau sertifikasi halal, maka cara mudah berbelanja produk halal dengan bertanya langsung baik kepada petugas atau produsennya disana. Dengan pemahaman tentang halal yang makin meluas, pasti para produsen pun sudah terbiasa menjawab jika ada yang menanyakan status halalnya.
.
.
4. Membaca komposisi produk
Untuk hal ini, kita memang harus banyak tau mana bahan-bahan yang haram, syubhat dan halal. Jika memang terpaksa banget membeli barang yang belum terdaftar di MUI maka kita harus pandai membaca bahan baku (ingredients) ditiap produk. Pastikan tidak mengandung babi, khamr dan bahan-bahan haram lainnya.
.
.
5. Amati lokasinya
Sepele tapi juga penting bagaimana berbelanja produk halal adalah lokasi pembeliannya. Meski mungkin produk yang dibeli sudah bersertifikat halal, tapi semuanya jadi syubhat jika berada pada satu tempat dengan makanan yang mengandung babi.
.
.
Nah jika ke-5 tips belanja produk halal diatas sudah sesuai kebutuhan dan mudah diterapkan, maka jangan lupa melihat unsur thoyyib yaitu mengandung bahan yang tidak merusak kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here