HALALCORNER.ID, SEOUL — Korea Selatan merupakan salah satu negara tujuan promosi pariwisata Indonesia. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, kementerian pariwisata (Kemenpar) mengikuti ajang Halal Trade Expo Korea 2017. Kemenpar menargetkan kunjungan wisman asal Korea Selatan tahun ini sebesar 514.000 orang. Hal ini sangat mungkin dicapai mengingat jumlah wisman Korsel yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2015 adalah 338.671 orang. Pada tahun berikutnya, terdapat kenaikan jumlah wisman asal Korea Selatan hingga  18 persen atau sekitar 400 ribu wisatawan.

Halal Trade Expo Korea ini merupakan event  pertama yang diadakan di Korea Selatan, merupakan bagian dari rangkaian World Halal Exhibiton  di tahun 2017 yang digelar di delapan negara. Pada Bulan Februari lalu, event ini diselenggarakan di Australia, dilanjutkan Malaysia dan Belanda kemudian Jepang. Pengunjung pameran berasal dari berbagai organisasi halal tingkat dunia dan pelaku bisnis dengan jumlah sekitar 32000 pengunjung.

Wisata muslim menjadi hal yang dibidik mengingat makin bertambahnya kunjungan turis muslim di seluruh dunia yang berkunjung ke negara Korea. Oleh karena itu wisata halal menjadi salah satu objek pasar halal di event tersebut, disamping perusahaan makanan, agro-perikanan, obat-obatan, bahan baku, kosmetik, investasi & keuangan, layanan medis, dan pencari kerja muda. Indonesia  adalah salah satu negara yang mendapat 12 penghargaan dunia pada 2016 untuk wisata halal, oleh karena itu promosi pariwisata Indonesia akan sangat strategis untuk mendongkrak kunjungan wisman ke berbagai tempat wisata di Indonesia seperti di Lombok dan Aceh.

Redaksi: HC/ Endah DR

Bagaimana pendapat kalian?