Islam dan Liburan: Menikmati Keindahan Ciptaan Allah dengan Bijak

Photo of author

Liburan adalah momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang, baik pelajar maupun karyawan. Saat kita merasa penat dengan rutinitas sehari-hari, berlibur bisa menjadi solusi untuk melepaskan stres dan mengisi kembali energi. Berlibur juga merupakan hak yang diberikan baik oleh pemerintah maupun agama.

Lalu, bagaimana pandangan Islam mengenai liburan?

Pandangan Islam tentang Liburan

Dalam Islam, berlibur termasuk dalam kategori mubah atau diperbolehkan, asalkan liburan tersebut membawa manfaat. Berikut beberapa alasan mengapa liburan dalam Islam dianggap baik:

Melihat Keindahan Ciptaan Allah

Berlibur bisa menjadi kesempatan untuk mengagumi keindahan alam ciptaan Allah. Ini bisa meningkatkan rasa syukur dan kekaguman kita terhadap kebesaran-Nya.

Mengambil Pelajaran dari Sejarah

Mengunjungi situs-situs bersejarah bisa memberikan kita pelajaran (ibrah) yang berharga. Melihat dan mempelajari peninggalan sejarah bisa membuat kita lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan.

Memperhatikan Kesehatan Tubuh dan Jiwa

Liburan adalah waktu yang tepat untuk memberi perhatian pada kesehatan tubuh, mata, dan jiwa kita. Istirahat sejenak dari rutinitas bisa membantu kita untuk kembali produktif.

Menghilangkan Penat

Menyegarkan diri dari rasa penat dan memberikan jeda sejenak dari masalah sehari-hari sangat penting. Liburan bisa membantu kita kembali dengan semangat baru dan perspektif yang lebih baik.

Islam Menganjurkan Menjelajahi Keindahan Dunia

Islam juga menganjurkan untuk melihat keindahan dunia dan mempelajari maknanya. Sesuai dengan Firman Allah Subhanahu Wata’ala dalam Al-Qur’an:

هُوَ الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ ذَلُولًا فَامْشُوا فِي مَنَاكِبِهَا وَكُلُوا مِنْ رِزْقِهِ وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan” (QS. Al-Mulk: 15).

Liburan dalam pandangan Islam bukan hanya tentang bersenang-senang, tapi juga tentang mencari manfaat dan pelajaran. Dengan menjaga niat yang baik dan memanfaatkan waktu liburan dengan bijak, kita bisa mendapatkan keberkahan dan kesegaran yang dibutuhkan untuk kembali menjalani rutinitas sehari-hari.

Jadi, kapan terakhir kali kamu liburan dan mengagumi ciptaan Allah? Sudah punya rencana liburan berikutnya?

Tinggalkan komentar