Sunah Idul Adha yang Wajib Kamu Ketahui

Photo of author

Halo Halal Squad!

Besok, 17 Juni 2024, kita akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Tentunya, ada banyak amalan sunah yang bisa kita lakukan untuk menyambut hari yang penuh berkah ini. Yuk, kita simak apa saja sunah-sunah yang bisa kita terapkan agar Idul Adha kita semakin bermakna!

Bangun Pagi dan Siapkan Diri

Mulailah hari spesial ini dengan bangun lebih awal. Siapkan diri kalian untuk menjalani hari penuh berkah ini dengan semangat dan antusiasme.

Mandi Besar

Mandi besar sebelum shalat Idul Adha adalah sunah. Ini mirip dengan persiapan sebelum shalat Jumat, membuat diri kita segar dan bersih.

Berpakaian Rapi dan Wangi

Pakai pakaian terbaik kalian! Jangan lupa gunakan wewangian. Ini adalah bentuk rasa syukur kita dengan memperlihatkan penampilan terbaik di hari raya.

Tahan Diri untuk Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha

Berbeda dengan Idul Fitri, di Idul Adha kita dianjurkan untuk tidak makan terlebih dahulu. Sarapan bisa dilakukan setelah shalat Idul Adha.

Pergi Ke Tempat Shalat dengan Berjalan Kaki

Cobalah untuk berjalan kaki menuju tempat shalat Id. Ini mengikuti kebiasaan Rasulullah Shallallahu `alaihi Wa Sallam. Jangan lupa, ambil rute yang berbeda saat pulang.

Dengarkan Khutbah Id

Setelah shalat Id, luangkan waktu untuk mendengarkan khutbah. Meski sifatnya opsional, ini adalah bagian penting dari perayaan Idul Adha.

Lakukan Shalat Idul Adha

Shalat Idul Adha terdiri dari dua rakaat. Pada rakaat pertama, ada tujuh takbir, dan pada rakaat kedua ada lima takbir.

Ucapkan Takbir Saat Menuju Tempat Shalat

Saat berjalan menuju tempat shalat, jangan lupa mengucapkan takbir. “Allahu akbar, Allahu akbar, laa ilaaha illallah, wa Allahu akbar, Allahu akbar, wa lillaah il-hamd.”

Jangan Lupa untuk Tidak Berpuasa

Idul Adha adalah hari untuk makan, minum, dan mengingat Allah. Begitu juga pada hari-hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Nabi Muhammad Shallallahu `alaihi Wa Sallam bersabda, “Hari-hari Tasyriq adalah hari untuk makan, minum, dan mengingat Allah” (HR. Muslim).

Demikianlah beberapa sunah yang bisa kita lakukan untuk menyambut Idul Adha tahun ini. Semoga kita semua bisa menjalankan sunah-sunah ini dengan baik dan mendapatkan berkah yang melimpah.

Selamat merayakan Idul Adha, Halal Squad! Taqabbal Allah minna wa minkum, Eid Mubarak!

Tinggalkan komentar