Tidak Ada Sholat Idul Adha di Masjid Terdekat: Ini Solusinya

Photo of author

Perbedaan dalam penetapan waktu Idul Adha di Indonesia dapat menimbulkan tantangan, terutama terkait penyelenggaraan sholat Idul Adha. Untuk mengatasi situasi ini, berikut beberapa solusi praktis yang bisa terapkan.

Cari Informasi Melalui Sosial Media

Jika kamu mengikuti kelompok yang merayakan Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024, kamu dapat mencari informasi tentang tempat penyelenggaraan sholat Idul Adha terdekat melalui sosial media. Pastikan untuk memastikan lokasi dan waktu sholat dengan jelas.

Bergabung dengan Penyelenggaraan Hari Berikutnya

Jika di daerahmu tidak ada yang menyelenggarakan sholat Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024, kamu bisa mengikuti sholat Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024. Dalam hal ini, syekh Muhammad Jaber berpendapat untuk tidak berpuasa lagi pada tanggal 16.

Sholat Idul Adha di Rumah

Jika tidak ada masjid yang menyelenggarakan sholat Idul Adha baik pada tanggal 16 maupun 17 Juni 2024, atau karena alasan syar’i lainnya, kamu diperbolehkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha di rumah.

Tata Cara Sholat Idul Adha

Dalam Al-Mu’tamad fii Al-Fiqh Ash-Syafii, berikut adalah tata cara melaksanakan shalat Idul Adha:

  • Sholat Idul Adha terdiri dari dua rakaat.
  • Mulailah dengan niat dalam hati dan ucapkan takbiratul ihram (“Allahu Akbar” di awal).
  • Setelah takbiratul ihram, bacalah doa iftitah sebagaimana shalat lainnya.
  • Lakukan takbir tambahan tujuh kali pada rakaat pertama dan lima kali pada rakaat kedua.
  • Di antara jeda pada takbir tambahan, dianjurkan membaca dzikir “Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar“.
  • Setelah takbir tambahan, baca surah Al-Fatihah dianjurkan membaca surah Qaf atau Al-A’laa pada rakaat pertama, dan surah Al-Qamar atau Al-Ghasyiyah pada rakaat kedua.
  • Bacaan surah dan takbir dengan suara keras (jahr), sementara dzikir-dzikir lainnya dibacakan dengan suara lirih (sirr).

Dengan memilih salah satu solusi di atas, kamu dapat tetap menjalankan ibadah sholat Idul Adha dengan penuh keberkahan, meskipun dalam situasi di mana penyelenggaraan sholat tidak tersedia di sekitarmu. Pastikan untuk memperdalam pengetahuan tentang tata cara sholat Idul Adha agar ibadah ini diterima dengan baik oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Baca juga artikel lainnya:

  1. Awal Mula Idul Adha
  2. Waktu Puasa Arafah di Indonesia dan Arab Saudi Beda: Begini Penjelasannya

Tinggalkan komentar