Perkembangan teknologi Industri Pangan memang menarik untuk dikaji, selalu saja ada yang baru #ZeroAlkohol. Akan tetapi walaupun berkembang sebagai Muslim tidak boleh mengabaikan segi HALAL-nya.Produk pangan disini termasuk minuman. Minuman sekarang bervariasi jenisnya. Ada minuman ringan, minuman suplemen/berenergi, minuman bebas alkohol, dll.

Dgn teknologi pasti ada bahan yang statusnya Syubhat atau bisa juga Haram. Minuman bebas alkohol pun bervariasi merknya: bintang zero alkohol, cham’alal, waard, dll #ZeroAlkohol.Bintang Zero Alkohol adalah salah satu jenis produk dagang dari produsen minuman Bir Bintang.  Cham’alal adala salah satu sampanye halal yg juga produsen minuman keras di Perancis. Dan Waard adl sejenis minuman bebas alkohol ekstrak delima dan air mawar utk atlit muslim yg berlaga di OLIMPIADE London.

Bagaimana dalam kacamata Islam status hukum produk2 yang mengklaim bebas Alkohol tersebut?

Pertama yang harus dikritisi adalah bahan bakunya, apakah benar2 bebas dari unsur haram/Khamr.  Hati-hati dengan asosiasi dengan bahan haram, fatwa MUI menyatakan hukumnya HARAM, mengapa?  Karena akan membiasakan kita bersinggungan dengan yg Haram walau komposisinya bisa jd halal (ingat asosiasi dg yg Haram). Hal ini juga selaras dengan anjuran agar tidak “tasyabuh bil kuffar” atau menyerupai orang Kafir. Dlm QS 2:120, Yahudi dan Nasrani tidak akan pernah suka kpd Muslim shg Muslim ikut budaya mereka.  Budaya menyiprat isi botol sampanye, toast adalah budaya orang2 Kafir. Itu yang akan dilakukan muslim melalui produk yang diklaim bebas alkohol tapi menyerupai sampanye jk dihalalkan.

Selain Produk Halal kita juga WAJIB mulai gaya hidup HALAL, adl gaya hidup yg tdk bertentangan dg Islam&tidak menyerupai orang2kafir.  “Betul-betul kalian pasti kalian akan mengikuti jalan-jalan orang-orang sebelum, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta, sampai walaupun mereka masuk ke dalam lubang dhobbin [sejenis kadal padang pasir] maka kalian pasti akan tetap mengikuti mereka.” [Riwayat Al-Bukhary (3269, 6889) dan Muslim (2669).  hendaknya Wara’ (hati2) adl sikap seorang Muslim. Semoga bermanfaat, Salam Halal is My Way

1 COMMENT

  1. Segala puji bagi Allah, Rabb alam semesta.
    Dan semoga shalawat dan salam selalu tercurah bagi Rasullullah shalallahu ‘alaihi wa salam, serta keluarga, dan sahabatnya, hingga akhir zaman.

    Saya ingin mengajukan pertanyaan.
    Bagaimana hukum dengan botol kemasan minuman Bintang Zero yang diperdagangkan kemudian disalurkan kembali ke pabrik pembuat minumannya?

    Jazakallah. 🙂

Bagaimana pendapat kalian?