Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang Telah dimudahkan (bagimu). dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. An Nahl:69

ayat td mengabarkan pd manusia ttg kelebihan madu sebagai obat. apa sih madu?

Madu adalah cairan alami yang umumnya memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah Madu dari sari bunga tanaman (floral nectar) atau bagian lain dari tanaman (extra floral nectar) atau ekskresi serangga.

Madu tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya, hampir seluruh zat dalam madu dapat terserap oleh tubuh dan hanya kurang dari 1/200 bagian madu yang akan dibuang oleh tubuh. Madu adalah pemanis terbaik dari kelompok gula sederhana karena untuk berasimilasi dalam tubuh tidak memerlukan aktifitas pencernaan yang berat, gula sederhana ini terkandung secara melimpah di dalam madu.

Madu mengandung air 12.5% – 22 % dari beratnya (tergantung jenis produknya. Sebagai contoh madu dari Rumah Madu tipe classic mengandung air +/-18% ; tipe Gold +/-15% dan tipe platinum mendekati 12.5%) dan komposisi terbesarnya adalah monosakarida dalam bentuk glukosa dan fruktosa (75% – 85%). Selebihnya dalam persentase yang kecil adalah sukrosa, maltosa dan yang sangat penting adalah apa yang disebut sebagai phytochemicals dari berbagai jenis tumbuhan, tergantung dari mana lebah mdpt nectar. Phytochemicals adalah nama umum zat kimia alami yang aktif secara biologis yang berasal dari tanaman.

Setiap tanaman memiliki phytochemical-nya sendiri-sendiri dan memiliki nama khusus tergantung tanamannya. Misalnya tomat dan semangka menghasilkan lycopene, teh dan bawang menghasilkan quercetin, anggur menghasilkan anthocyanin dlsb. Phytochemicals inilah yang antara lain berperan aktif yang membuat Madu memiliki berbagai khasiat pengobatan. selain memiliki khasiat sebagai pengobatan, madu juga berkhasiat untuk merawat kecantikan.

namun seiring berkembangnya teknologi industri pada pangan, kebanyakan produsen penjual madu mencampur madu asli yg asalnya halal dengan beberapa bahan tambahan pangan lainnya untuk menambah rasa manis menggunakan bahan tambahan pangan bernama aspartame. untuk menciptakan berbagai macam rasa digunakan flavor. aspartame dan flavor merupakan bahan tambahan pangan yg harus dikritisi kehalalannya.

yang tadinya halal bisa terkontaminasi yang syubhat bahkan haram, menjadi masuk akal jika madu pun perlu disertifikasi halal, menjamin kemurnian dan kehalalan madu yang akan kita konsumsi, nah referensi ya bukan promosi, silahkan nambah daftar produk madu murni yang telah bersetifikat halal kl ada yang tahu infonya share disini.

Yang baru Mimin tahu Madu yang berSH adalah madu dari : gudang madu, madu perhutani, madu Hutan Al Wadey (dari Algeria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here