Ilustrasi
Ilustrasi
Foto Ilustrasi Source From Google

Siapa yang tidak mengenal minyak zaitun?? Al-Qur’an bahkan memberitakannya dalam salah satu ayatnya. Kisah Nabi pun banyak menceritaka tentang keutamaannya. Bahan herbal satu ini memang memiliki banyak kasiat. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh, vitamin, mineral dan fenol. Tidak hanya ampuh menjaga kesehatan tubuh dan kecantikan kulit dan rambut, minyak zaitun juga dapat digunakan untuk memasak.

Nah, untuk dapat memanfaatkan minyak zaitun kita perlu mengenali jenis – jenis minyak ini. Secara umum ada dua kategori. Minyak zaitun jenis Refined Olive Oil adalah jenis yang telah melalui proses pemurnian, pemanasan dan penggunaan bahan kimia. Minyak ini di olah dengan pelarut dan panas yang tinggi untuk menghilangkan bau tidak sedap. Kelebihan jenis minyak ini adalah tidak mudah terpengaruh oleh suhu yang tinggi. Oleh karena itu jenis ini cocok untuk digunakan sebagai bahan memasak maupun menggoreng. Yang termasuk minyak zaitun refined diantaranya light dan pure olive.

Jenis yang kedua adalah Unrefined Olive Oil (mentah). Jenis extra virgin dan virgin olive oil termasuk kategori ini, diperoleh hanya dari proses memeras untuk mengeluarkan minyak dari biji zaitun. Oleh karena itu rasanya lebih kaya dan tentu lebih mahal harganya. Kandungan asam oleat pada extra virgin dapat mencapai kurang dari 0,8 persen sedangkan jenis virgin kandungannya antara 1,5-2%. Jenis unrefined ini diyakini lebih baik untuk dikonsumsi langsung baik diminum maupun digunakan sebagai dressing salad, perawatan tubuh, kulit dan rambut. Jadi, setiap jenis minyak zaitun memiliki kegunaan masing – masing.

Berikut tips penggunaan minyak zaitun untuk anda yang menginginkan perawatan kecantikan yang alami dan tentu dari bahan yang terjamin halalnya.

Body lotion
Produk body lotion yang dijual dipasaran tidak selalu cocok digunakan, minyak zaitun dapat menjadi alternatif pengganti yang tak kalah kualitasnya. Oleskan minyak zaitun setelah mandi agar mempertahankan keremajaan kulit, melembutkan dan melembabkan kulit anda.

Mandi
Kita bisa menggunakan minyak zaitun ini sebagai pengganti mandi susu. Tambahkan 5 sdm minyak zaitun ke dalam bathup sebelum mandi. Atau oleskan minyak zaitun keseluruh tubuh sesaat sebelum mandi agar kulit anda tetap lembut.

Make up remover
Produk make up remover yang dijual dipasaran kebanyakan mengandung alkohol sebagai bahan bakunya. Selain kehalalannya dipertanyakan, bagi anda yang bertipe kulit kering tentu ini bisa menjadi masalah. Agar kulit tidak bertambah kering anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai penghilang make up. Teteskan minyak zaitun dalam selembar kapas kemudian gunakan untuk menghapus make up anda.

Masker wajah
Minyak zaitun yang dicampur kuning telur dapat menjadi pilihan untuk masker wajah anda. Aplikasikan masker minyak zaitun ke wajah anda yang sudah dibersihkan terlebih dahulu menggunakan air hangat. Setelah kering bilas dengan air bersih. Wajah akan terasa lebih kencang, segar dan elastis.

Krim mata
Ini dia kasiat minyak zaitun untuk menghilangkan atau menyamarkan garis-garis halus di area bawah mata anda. Caranya cukup dengan mengoleskan minya zaitun pada area bawah mata sebelum anda tidur. Kulit sekitar mata anda akan terasa lebih lembut dan segar.

Nah ternyata banyak cara halal untuk mendapatkan kulit yang senantiasa segar, elastis dan halus lembut bukan? Saatnya cantik alami dengan yang halal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here