HALALCORNER.ID – Pemerintah Tokyo Jepang mempersiapkan pagelaran akbar olahraga dunia dengan mengembangkan Masjid bergerak untuk menyambut ribuan atlet serta penggemar Muslim, hal ini ditujukan untuk Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade di Jepang.

Olimpiade Musim Panas 2020 sendiri rencananya akan digelar di Tokyo dan akan berlangsung mulai tanggal 24 Juli sampai dengan tanggal 9 Agustus 2020. Di acara tersebut, ada lebih dari 50 negara Muslim akan berpartisipasi, selain itu juga diperkirakan ada ratusan atlet Muslim dari berbagai negara lainnya yang juga ikut berlaga.

Berdasarkan Pew Research Center, diperkirakan pada 2010 bahwa ada 185.000 warga Muslim di Jepang dan kemungkinan besar telah bertambah banyak di tahun 2020.

“Ruang sholat Muslim akan tersedia di desa para atlet tetapi tidak di stadion atau tempat kompetisi lainnya,” kata panitia penyelenggara kepada NHK pada Rabu, (25/07/2018).

Kelompok perusahaan yang bekerja menangani proyek tempat ibadah kaum Muslimin ini telah meluncurkan Mesjid Truk di kota Toyota, Prefektur Aichi.

Masjid Mobil dibuat dengan merenovasi truk, caranya adalah dengan memperluas wadah di kedua sisi truk, sehingga ruang sholat yang juga memiliki AC ini bisa menampung sekitar 50 jamaah.

Kedepannya, direncanakan pemasangan kompas yang mengarah ke kiblat di Mekkah agar mempermudah jamaah. Mesjid Mobil ini dibuat dengan perkiraan biaya sekitar USD 900.000.

Dalam pembuatannya, perusahaan meminta saran dari mahasiswa Muslim asing yang berada di Yamaguchi University di Jepang untuk menguji truk tersebut.

“Saya berharap dapat menyediakan tempat di mana para atlet dan penonton dapat berdoa,” kata Kepala proyek, Yasuharu Inoue.

Presiden perusahaan, Tetsuro Akimoto, mengatakan bahwa pihaknya berharap kendaraan Mesjid Mobil ini akan ditempatkan di tempat Olimpiade dan Paralimpik sebagai pertunjukan keramahan-tamahan Jepang.

Semoga bermanfaat.

=====

Fan page : HALAL CORNER
FB Group : http://bit.ly/1SL4wQB
Website : www.halalcorner.id
Twitter : @halalcorner
Instagram : @halalcorner

Redaksi : HC/Zul

Sumber: (au/nhk/dbs/foto: aboutislam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here