Halal Talks
Selasa, 19 April 2016

Apa itu Sourdough

Sourdough adalah adonan asam yang dibuat dengan teknik yang memanfaatkan ragi dari khamir liar seperti Candida Mileri dan Lactobacillus. Walaupun dinamakan adona asam namun roti yang dihasilkan mempunyai aroma yang lebih harum, lebih lembab, mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut, hanya sedikit masam.
Sejarah Sourdough
Teknik ini ditemukan 4000 SM oleh penduduk Mesir Kuno yang secara tidak sengaja membiarkan gandumh tercampur dengan air dan susu selama beberapa waktu sehingga mengembang. Roti yang dihasilkan dari adonan asam ini lebih lembut dan ringan dibanding roti yang adonannya tidak mengalami fermentasi terlebih dahulu.
Melalui proses trial and error, beberapa sisa adonan yang tersisa jika dicampurkan dengan tepung dan air tetap menghasilkan adonan dengan citarasa yang sama sehingga kemudian dikenal sebagai starter.
Tipe-tipe Sourdough
Ada dua tipe sourdough yang sering digunakan yaitu pre ferments atau sourdough dengan penambahan yeast/ragi yang disebut Poolish (Perancis) dan Boga (Italia). Selain itu ada Sours atau ragi alami yaitu tanpa penambahan yeast/ragi biasanya disebut Leyain (Perancis) dan Lau Mien (Cina), Italian Mother Sour (Itali)
Cara Membuat Sourdough
 
Pembuatan Sourdough cukup memakan waktu. Bahan-bahan yang digunakan
1. Tepung Terigu
2. Kulit Gandum
3. Air
dengan perbandingan 1:1:1. Setiap 6 jam sourdough harus diberi makan tepung terigu protein tinggi. setelah dua minggu dan membentuk aroma asam barulah sourdough siap digunakan.Pemberian makan sourdough dengan konsistensi 1 sampai dengan 3 kali sehari.
Jika pemberian makan hanya 1 kali, porsi makannya harus lebih banyak dan setelah itu dimasukkan kedalam pendingin (chiller). Namun jika pemberian makan 2 sampai dengan 3 kali per hari sourdough bisa disimpan di suhu ruang.
Titik Kritis Kehalalan Sourdough
 
Dengan teknik pembuatan sourdough yang melibatkan ragi menjadi titik kritis pada produk ini. Yeast yang digunakan harus bersumber dari bahan yang halal
Aisha Maharani
Founder & CEO Halal Corner
sumber : AishaMaharanie.blogspot.co.id
Roti Adonan Asam/Sourdough
Roti Adonan Asam/Sourdough

Bagaimana pendapat kalian?