HALALCORNER.ID – Tak terasa kurang sebulan lagi akan lebaran qurban, selain persiapan dana, kita juga perlu siapkan kejelian dalam memilih hewan qurban. Berbeda dengan hewan yang disembelih untuk konsumsi sehari-hari, hewan qurban memiliki kriteria tertentu agar memenuhi persyaratan yang disyariatkan, antara lain sebagai berikut:

  1. Sehat

Ciri hewan sehat adalah aktif bergerak, saling menaiki, nafsu makan baik, rambut/ bulu tidak kusam, cermin hidung basah, mata bersinar, mulut, hidung & anus bersih. Adanya surat keterangan kesehatan hewan (SKKH).

Baca juga: Standar Penyembelihan Halal Part 1

Kita pun bisa melakukan pengecekan mandiri apakah hewan tersebut sehat atau tidak. Periksalah hewan dari sisi kanan,kiri depan, dan belakang. Mintalah pedagang untuk menjalankan hewan supaya memastikan tidak pincang. Periksa juga kaki dan kukunya tidak ada yang cacat. Coba berikan makanan untuk melihat nafsu makannya.

  1. Tidak Cacat

Ciri hewan yang cacat antara lain, telinga rusak, ekor terpotong, pincang, buta, dan buah zakar (testis) tidak lengkap (hanya 1 buah)

“Tidak bisa dilaksanakan qurban binatang yang pincang, yang nampak sekali pincangnya, yang buta sebelah matanya dan nampak sekali butanya, yang sakit dan nampak sekali sakitnya dan binatang yang kurus yang tidak berdaging/ berlemak.” (HR. Tirmidzi).

  1. Tidak Kurus

Hewan kurus dapat dilihat dari adanya penonjolan tulang-tulang rusuk/iga, tulang bagian pinggang, dan pinggul.

Baca juga:  Standar Penyembelihan Halal (Part 2)

  1. Cukup Umur

“Jangan kamu menyembelih untuk qurban melainkan yang “mussinah”(telah berganti gigi) kecuali jika sukar didapat, maka boleh berumur satu tahun (yang masuk kedua tahun) dari kambing/domba” (HR. Muslim).

Tidak pernah dipersyaratkan ukuran berat hewan qurban sama sekali, melainkan adalah mussinah atau berganti gigi, jika sulit mencari hewan mussinah maka boleh tsaniyyah atau telah genap satu tahun (domba/kambing) dan memasuki tahun ke dua (13 bulan dst) atau 2 tahun (sapi) memasuki tahun ketiga (25 bulan dst).

Baca juga: Empat Hal yang Sering Tidak Diketahui Dalam Penyembelihan Hewan Qurban

Ketika tsaniyyah susah didapat maka alternatif terakhir adalah yaitu jazaah yaitu hanya untuk domba ekor gemuk/Gibas yang telah genap 6 bulan masuk ke bulan ke tujuh.

Untuk mengetahui hewan tersebut tergolong mussinah adalah dengan mengecek gigi paling tengah, jika sudah berganti maka akan sangat besar dan sangat berbeda dengan gigi disebelahnya. Akar giginya juga sudah masuk lebih dalam ke dalam gusi.

Semoga tips memilih hewan qurban ini bermanfaat ya.

Fan page   :   HALAL CORNER
FB Group   :   http://bit.ly/1SL4wQB
Twitter      :   @halalcorner
Instagram :   @halalcorner
Website    :   www.halalcorner.id

Sumber: Buletin Ilmu dan Informasi Halal, HALAL SCIENCE CENTER INSTITUT PERTANIAN BOGOR
Redaksi : HC/She
Editor    : HC/Zulaeha

Bagaimana pendapat kalian?