Ilustrasi Puasa

HALALCORNER.ID-Jakarta. Ramadhan sebentar lagi akan tiba, umat muslim di seluruh belahan dunia biasanya menyambut dengan sukacita. Namun Ramadhan tahun ini berbeda dengan biasanya, karena pada saat Ramadhan tiba seluruh umat manusia diuji oleh pandemi Corona.

Pandemi Corona ini tidak bisa dianggap ringan, karena telah banyak memakan korban jiwa dan menghambat lajunya perekonomian global. Sampai saat ini belum ada obat yang pasti untuk menyembuhkan penyakit ini, walau demikian sebagian besar bisa disembuhkan.

Di tengan pandemi corona ini, WHO di laman resminya menganjurkan umat Islam untuk tetap melaksanakan ibadah puasa. Berikut adalah tips puasa yang bisa dilakukan saat corona:

  • Memenuhi kebutuhan Gizi dan Cairan pada saat berbuka

Imunitas pada saat bulan puasa harus dimiliki, oleh karena itu harus diperhatikan asupan pada saat berbuka puasa. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran serta mengurangi makanan instan, juga menjaga cairan tubuh dengan minum air sesuai kebutuhan tubuh.

  • Menjalankan aktivitas fisik

Melakukan olahraga di rumah secara berkala untuk menjaga kebugaran tubuh. Dan untuk kegiatan sholat tarawih para ulama di seluruh dunia sepakat untuk dilakukan di rumah saja.

  • Menghindari penggunaan rokok dan tembakau

Penggunaan rokok dan tembakau tidak dianjurkan dalam situasi apapun, apalagi pada saat pandemi corona. Paru paru seorang perokok tentu saja sudah tercemar oleh asap rokok dan kondisi ini akan riskan terjangkiti virus corona, sehingga menganggu kegiatan puasa.

  • Memperhatikan pembatasan fisik dan kebersihan dalam kegiatan amal

Bulan Ramadhan pasti diiringi dengan kegiatan sosial bersedekah bagi kaum dhuafa. Dalam kegiatan ini pastikan pembatasan fisik dan kebersihan selalu dijaga.

 

Redaksi: HC/AM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here