Japanese Cuisine Chicken Karaage Bento
Japanese Cuisine Chicken Karaage Bento

Rest area Okazaki di Shin Tomei Expressway akan menyediakan bento halal. Penjualan dimulai bulan ini untuk mengakomodasi pertumbuhan wisatawan muslim.

Bento dibuat memakai produksi petani lokal. Namun semuanya akan disiapkan sesuai aturan Islam. Sehingga wisatawan beragama Islam tidak perlu khawatir selama berlibur di Jepang.

“Banyak bus tur menggunakan jalan tol, tapi kami belum pernah mendengar service area menyediakan (makanan halal),” ucap seorang pejabat dari Badan Pariwisata Jepang, seperti dilansir dari The Japan Times (01/02).

Chunichi Shimbun mengabarkan bahwa bento akan diproduksi dan dijual oleh Toyotan Honpo Corp. Perusahaan di kota Toyota, Prefektur Aichi, itu mengembangkan menu spesialisasi regional. Perusahaan nantinya akan membuka gerai di rest area Okazaki.

Okazaki Service Area akan menjadi yang terbesar di wilayah Tokai. Lokasinya berada di persimpangan Toyota-Higashi di Toyota dan Hamamatsu Inasa di kota Hamamatsu, Prefektur Shizuoka. Rencananya Okazaki Service Area mulai beroperasi pada 13 Februari.

Tempat peristirahatan tersebut merupakan lokasi utama karena terletak diantara daerah Kansai dan Kanto. Ketertarikan Toyotan Hanpo menyediakan menu halal bisa membantu penumpang tur yang melakukan perjalanan jauh.

Adapun menu makanannya tersedia dalam empat pilihan bento. Termasuk chicken teriyaki dan gyukakuni (beef stew). Seluruh makanan menggunakan bahan bersertifikat halal.

 

Bento disajikan dengan beras Aichi no Kaori, merek lokal yang diproduksi kepala Toyotan Honpo, Etsushi Ohashi. Pelengkap bento berupa wortel rebus, shiitake dan talas dari Mikawa, Prefektur Aichi. Bento akan dijual seharga 2.000 yen (Rp 227.000) dan perlu direservasi sebelumnya.

Karena turis dari negara muslim biasanya hanya terbatasa mendapat makanan ringan seperti onigiri, Toyotan Honpo sudah menerima pesanan bento halal itu dari agen-agen perjalanan.

Sebenarnya penyediaan makanan halal bukan sesuatu yang benar-benar baru, sebut The Japan Times. Sebab banyak orang Indonesia yang bekerja di perusahaan berafiliasi dengan Toyota di kota Toyota.

Bagian deli dari supermarket yang dijalankan Masahide Itakura, contohnya, juga menawarkan makanan halal. Supermarket itu pun mendapat kepercayaan muslim setempat dengan memisahkan alat masak, bahan dan bumbu yang digunakan.

 

Sumber : DetikFood

Bagaimana pendapat kalian?