HALALCORNER.ID, JAKARTA – Alhamdulillah, Vaksin BCG produksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bio Farma kini telah resmi mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) per 18 April 2019.

BCG sendiri merupakan singkatan dari Bacillus Calmette–Guérin (BCG) yang merupakan vaksin untuk tuberkulosis (TBC) yang sering menyerang otak dan paru dan menyebabkan kematian pada bayi dan remaja. Vaksin ini dibuat dari baksil Mycobacterium bovis yang telah dilemahkan. Dengan tingkat efektivitas 80 persen, vaksin ini dikatakan mampu mencegah penyakit hingga usia 15 tahun.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh mengatakan, sebelumnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendorong Bio Farma mengajukan sertifikasi. Akhirnya lembaga tersebut mengajukan proses sertifikasi halal vaksin BCG. Pembahasan dan penetapan fatwa halal vaksin BCG dari Bio Farma tersebut dilakukan sehari setelah Pemilu 2019 atau tepat tanggal 18 April kemarin. Hal tersebut disampaikannya di sela-sela acara Peringatan dan pelaksanaan PID di Indonesia tahun 2019 bertema ‘Imunisasi Lengkap Indonesia Sehat’, di Kementerian Kesehatan, di Jakarta, Selasa (23/4).

Ia mengakui, pengajuan sertifikasi halal vaksin ini membutuhkan waktu karena pihak Bio Farma baru mengajukan sertifikasi pada pihaknya, untuk saat ini PT.Bio Farma baru mengajukan satu produk vaksin yang disertifikasi halal.

“Ini menjadi keberhasilan dari sisi teknologi dan manajemen,” ujar Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Anung Sugihantono.

Dengan terjaminnya kehalalan vaksin ini, ia merasa optimis kelak anak-anak Indonesia sebagai calon generasi bangsa bisa terlindungi tanpa kecuali. Tak hanya itu, ia berkomitmen vaksin-vaksin lain juga secara bertahap mendapatkan sertifikasi halal dari MUI.

Nah, dengan vaksin BCG yang telah terjamin status kehalalannya, para kelurga muslim di Indonesia pun tak perlu risau lagi untuk mengambil keputusan.

Fan page                : HALAL CORNER
FB Group               : http://bit.ly/1SL4wQB
Website                 : www.halalcorner.id
Twitter                   : @halalcorner
Instagram              : @halalcorner
Redaksi : HC/Zul

Bagaimana pendapat kalian?