Wow, Kini Ada Sabun yang Terbuat dari ASI

Photo of author

Via DetikFood

Jakarta – Air Susu Ibu (ASI) tak hanya dikonsumsi oleh bayi, beberapa orang berkreasi menciptakan aneka produk menggunakan ASI. Seperti lolipop ASI rasa almond buatan Lollyphile. Selain itu, ASI juga bisa diolah menjadi sabun oleh sebuah kelompok wirausaha wanita di Cina.

Seperti diberitakan The Daily Meal (07/01/2014), sabun ASI dijual sebagai produk kecantikan di situs belanja online, Taobao. Sabun ini dipercaya membuat kulit orang dewasa menjadi lebih halus, putih, dan lebih sehat.

“Saya membuat sabun ini dari ASI saya sendiri. Lihatlah anak saya ada disini,” ujar salah seorang pembuat sabun sambil memamerkan produk buatannya. Ia meyakinkan bahwa ASI yang digunakan benar-benar ASI manusia dan bukan bahan-bahan lain yang tidak jelas.

Salah seorang penjual mengaku menemukan petunjuk di internet untuk membuat sabun ASI. Menurutnya, caranya sangat mudah sehingga ia memutuskan masuk kedalam bisnis tersebut.

ASI sering dikatakan memiliki sifat penyembuhan yang menjadikannya obat ampuh untuk masalah kulit seperti ruam popok dan infeksi mata bernama pink eye.

Menanggapi produk sabun ASI, para dokter mengonfirmasi bahwa ASI kaya akan berbagai nutrisi tetapi proses pembuatan sabun bisa menghancurkan nutrisi didalamnya. “Materi aktif yang terkandung dalam susu akan hancur, sehingga hanya sedikit saja yang tersisa,” ujar seorang dokter.

Beberapa dokter telah memperingatkan pembelian sabun ASI dari internet. Selain tidak memiliki manfaat kecantikan apapun, sabun ASI berpotensi menularkan penyakit bila ASI yang digunakan didapat dari wanita yang berada dalam keadaan tidak sehat.

————-

Penggunaan bagian anggota tubuh manusia sebagai produk, tidak diperbolehkan oleh fatwa MUI

Baiknya, sabun yang jelas dari lemak yang Halal

Tinggalkan komentar