Raw whole chicken with lettuce, peppers, spices and tomatoes on wooden plate. High quality photo

HALALCORNER.ID, JAKARTA – Ayam potong yang diisi udara dengan cara dipompa menjadi viral di media sosial dan menarik perhatian banyak kalangan. Aksi curang ini diunggah pertama kali oleh akun twitter @Bams27735590. Tampilan ayam menjadi lebih besar dan berisi karena terisi udara yang dipompa ke bagian bawah kulit ayam secara berkali-kali melalui bekas potongan di leher ayam.

 

Meski ada pro dan kontra mengenai ayam potong pompa ini, sebetulnya bagaimana status ayam potong pompa ini dari sisi syariat Islam?

 

Secara hukum, menjual ayam potong pompa termasuk haram karena termasuk dalam bentuk penipuan jual beli. Pembeli tentunya akan merasa tertipu dengan manipulasi tampilan ayam yang lebih besar dari aslinya karena penambahan udara.

 

Hai orang-orang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan bathil kecuali dengan jalan perniagaan yang berlalku dengan suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An Nisa ayat 29)

 

Bahwa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah melewati sebuah tumpukan makanan. Lalu beliau memasukan tangannya ke dalam tumpukan tersebut dan tiba-tiba jarinya basah, maka beliau bertanya : “Apa ini wahai penjual makanan?”. Ia menjawab: “ Terkena hujan wahai Rasulullah”. Beliau bersabda: “Mengapa engkau tidak letakan di bagian atas makanan agar orang-orang dapat melihatnya? Barangsiapa yang menipu maka ia bukan termasuk golonganku.” (HR Muslim)

 

Secara kesehatan, ayam potong pompa dapat memicu munculnya bakteri seperti Salmonella, Escherichia coli dan lainnya yang berbahaya bagi kesehatan. Selain halal yaitu ayam yang disembelih dengan cara syar’i, Islam juga mengajarkan makanan yang thoyib. Thoyib berarti makanan mengandung bahan yang baik dan menyehatkan bagi tubuh kita. Dan jelaslah, ayam potong pompa bisa menjadi bahan makanan yang tidak thoyib untuk kita konsumsi.

Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah ayat 168)

 

Fan page                :  HALAL CORNER

FB Group               :  http://bit.ly/1SL4wQB

Website                 :  www.halalcorner.id

Twitter                   :  @halalcorner

Instagram              :  @halalcorner

 

Referensi : diolah dari berbagai sumber

Redaksi : HC/IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here