kopi berbahaya untuk kesehatan
waspada 6 merk kopi saset berbahaya

Halalcorner.id, Baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru saja menemukan produk-produk kopi saset yang mencatut label BPOM palsu. Setelah dilakukan penyelidikan, 6 merek kopi saset tersebut terbukti mengandung Sildenafil dan Paracetamol. Berdasarkan hasil penyidikan tersebut ditemukan bahwa produk kopi-kopi tersebut ternyata sudah beredar luas di Bogor dan Bandung.

Kepala BPOM, Penny K Lukito kepada dilansir dari detik helath mengatakan, “Bahan kimia obat seperti Paracetamol dan Sildenafil merupakan bahan yang digunakan untuk produksi obat. Jika tidak digunakan sesuai aturan pakai, bahan kimia obat ini dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang dapat membahayaka kesehatan”.

Baca juga: BPOM tarik 6 merek kosmetik berbahaya

Dengan terbukti telah menggunakan label BPOM palsu, maka sudah pasti 6 merek kopi berbahaya ini juga tidak memiliki sertifikat atau logo halal dari MUI. Ditambah lagi dengan kandungan obat-obatan berbahaya didalamnya maka kopi saset ini dikategorikan tidak thayyib.

Efek samping kopi saset yang mengandung Viagra dan Parasetamol

Penggunaan bahan kimia obat Paracetamol dan Sildenafil yang tidak tepat akan mengakibatkan berbagai macam efek samping bahkan dapat mengakibatkan kematian.

Paracetamol dapat menimbulkan efek samping mual, alergi tekanan darah rendah, kelainan darah, dan apabila dikonsumsi secara terus-menerus akan menimbulkan efek samping yang sangat fatal seperti kerusakan pada hati dan ginjal.

Sedangkan Sildenafil yang umumnya dikenal sebagai obat untuk mengatasi masalah pada organ vital pria, dapat menimbulkan efek samping seperti mual, diare, kemerahan pada kulit, dan efek samping yang lebih serius seperti kejang, denyut jantung tidak teratur, pandangan kabur atau buta mendadak, bahkan kematian.

Efek samping dari penggunaan Paracetamol dan Sildenafil ini dibeberkan juga oleh Penny, “Dalam waktu singkat risikonya besar sekali dikaitkan dengan aspek kesehatan. Gangguan jantung, gangguan hati, sakit ritme jantung, ini ada pengaruh juga ke alat reproduksi, siapapun yang mengkonsumsi ini. Kemudian juga gangguan-gangguan lainnya bahkan bisa menyebabkan kematian, kanker juga memungkinkan.” Dari penjelasan ini disimpulkan, konsumsi 6 merek kopi saset ini sangat berbahaya untuk kesehatan apalagi jika dikonsumsi dalam jangka panjang.

6 Merek Kopi Saset Berbahaya

kopi ilegal BPOM
kopi saset ilegal berbahaya (source:BPOM)

Beberapa merek kopi saset yang mengandung bahan kimia obat yang membahayakan tubuh yaitu :

  • Kopi Jantan
  • Kopi Cleng
  • Kopi Badak
  • Laki
  • Greng Joss
  • Macho Man

Berdasarkan penyidikan ini BPOM berupaya untuk terus melakukan kegiatan operasi penindakan terhadap barang ilegal yang berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat dan melalui informasi ini diharapkan masyarakat lebih waspada apabila akan membeli kopi saset.

 

Redaksi: DT/RR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here