Es Oyen khas bandung (www.kulinersehat.com)

HALALCORNER.ID, JAKARTA– Tubuh kita memerlukan setidaknya 6 hingga 8 jam untuk mencerna makanan serta mengosongkan lambung. Pada saat kita berpuasa di wilayah Indonesia, kita  mengosongkan lambung sekitar 18 jam. Seringkali hal ini menimbulkan rasa sedikit nyeri pada lambung. Hal ini disebabkan meningkatnya kadar asam lambung dan masuknya udara dalam lambung melalui mulut sehingga terasa sedikit kembung.a awal puasa lambung memang akan terasa sedikit perih, karena belum terbiasa.

Akan tetapi hal ini akan menjadi normal kembali karena tubuh kita memiliki kemampuan beradaptasi. Setidaknya perlu waktu sekita tujuh hari untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru dalam ritme konsumsi makanan selama berpuasa. Namun demikian, untuk menghindari pemicu nyeri lebih besar, beberapa makanan dan minuman ini sebaiknya anda hindari dalam mengonsumsinya terutama pada saat berbuka puasa. 

 Islam mengajarkan konsep halal dan thayyib dalam mengonsumsi makanan. Meskipun makanan yang kita konsumsi sudah halal, namun jangan lupa aspek kethayyibannya sehingga tidak menimbulkan masalah bagi tubuh. Makanan yang mengandung gas perlu anda hindari pada saat berbuka, karena bisa menyebabkan masalah nyeri pada lambung saat berpuasa. Demikian pula minuman bersoda. 10 makanan dan minuman ini perlu anda hindari saat berbuka puasa, diantaranya adalah Durian, Nangka, Sawi, Kol, Kopi, Susu Full Cream, Kedondong, Air jeruk, minuman bersoda dan bawang. Mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan thayyib akan memudahkan kita dalam menjalankan ibadah puasa serta memperlancar amalan ibadah tambahan yang lain. Dengan makanan halal dan thayyib kita bisa memaksimalkan aktivitas selama Ramadhan, tentu dengan semangat meraih taqwa dan ridlo Allah SWT.

Redaksi: HC/Endah

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here