HALALCORNER.ID-JAKARTA. Salah satu upaya Malaysia untuk mendukung industri halal di negaranya adalah dengan menggelar pameran produk halal. Pameran terbesar yang berskala internasional ini adalah Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 5-8 April 2017 di Kuala Lumpur Convention Centre. Pameran MIHAS yang diselenggarakan tahun ini adalah pameran yang ke empat belas.

Indonesia sebagai salah satu negara produsen produk halal terbesar setelah Thailand dan Malaysia, juga tidak ketinggalan ikut berpartisipasi. Para produsen produk bersertifikat halal akan ikut memamerkan produknya dengan membidik potential buyer dari mancanegara.

Dalam kegiatan ini beberapa Kementerian di Indonesia ikut memfasilitasi perusahaan yang bergabung di pameran MIHAS 2017 yang akan datang. Salah satunya adalah Kementerian Luar Negeri yang dikoordinir oleh Atase Perdagangan, KBRI Kuala Lumpur.

Khrisna K.U. Hannan, Minister Counsellor Fungsi Ekonomi, KBRI Kuala Lumpur dalam acara Technical Meeting peserta pameran MIHAS (22/3/17) di Jakarta, mengatakan bahwa salah satu faktor meningkatnya industri halal di berbagai negara terutama negara mayoritas non Muslim adalah arab spring. Karenanya setiap negara berlomba untuk menjual produk halal juga destinasi wisata halal dengan target konsumen muslim.

Krishna berharap industri halal Indonesia bisa maju pesat, dibutuhkan dukungan semua elemen di negara Indonesia. Salah satu upaya pemerintah Indonesia terutama untuk ekspor produk halal ke luar negeri adalah dengan memangkas alur birokrasi sehingga diharapkan pengusaha Indonesia dapat menjual produknya dengan mudah dan cepat.

Redaksi : HC/AM

Bagaimana pendapat kalian?