HALALCORNER.ID, JAKARTA- Kementerian Pariwisata Republik Indonesia tahun ini menargetkan sebanyak tiga juta wisatawan mancanegara ( wisman) muslim mengunjungi Indonesia. Oleh karena itu sejak tahun lalu telah dibentuk tim percepatan pengembangan wisata halal. Tahun lalu capaian wisman muslim yang mengunjungi Indonesia sekitar 2,2 juta.

Menurut Tim Percepatan Pengembangan Wisata Halal, Riyanto Sofyan, Pada tahun 2015 saja turis muslim yang berwisata mencapai 116 juta, artinya potensi wisman muslim sangat besar, dan pasar utamanya adalah Timur Tengah, Eropa dan Asia. Ia menambahkan bahwa kemenpar memproyeksikan 3,4 juta turis muslim akan datang ke Indonesia pada tahun 2018, tahun berikutnya ditargetkan menjadi empat juta dan lima juta di tahun depannya lagi.

Pemerintah Indonesia menginginkan sebanyak 20 juta wisman berkunjung ke Indonesia hingga tahun 2019. 25 persennya diharapkan berasal dari turis muslim. Untuk itu Kemenpar terus bebenah untuk mempersiapkan destinasi wisata halal di berbagai provinsi diantaranya Sumatra Barat dan Aceh.

Sumber: Republika Online

Redaksi: HC/EDR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here