Menjaga kesehatan selama perjalana dimasa pandemic menjadi terasa berat karena jauh berbeda dengan persiapan kita pada perjalanan biasa. Pandemi di Indonesia sudah berlangsung hampir setahun lamanya. Ribuan nyawa melayang dan ribuan lainnya kini masih di rawat dan di isolasi mandiri berjuang mendapatkan kesembuhan akibat penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona ini. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meghentikan penyebaran virus ini, tetapi virus ini justru makin kuat dan datang dalam seribu wajah. Tentu saja ini tak semata-mata tanggung jawab pemerintah tapi juga upaya kita pribadi bagaimana agar kita tidak terkena virus ini ataupun virus lainnya. Lantas bagaimana upaya kita menjaga kesehatan selama perjalanan di musim pandemi ini?

Perjalanan adakalanya tidak bisa dihindari, entah untuk urusan keluarga ataupun urusan bisnis. Jadi kesehatan kita menjadi tanggung jawab besar bagi kita sendiri untuk dijaga. Menjaga kesehatan selama perjalanan dan setiba di tujuan pasti akan berbeda selama pandemic ini, harus lebih ketat dan waspada tak seperti mudik bulan Ramadan biasanya sebelum ada pandemi. Karena kita akan berkontak dengan banyak orang.

 

Berikut ini tips menjaga kesehatan selama perjalanan di masa pandemic

  1. Cek Kesehatan Pribadi sebelum memutuskan pergi

Jika terasa badan kurang sehat, flu atau demam atau ada sakit lainnya. Sebisa mungkin tundalah perjalanan. Meski hasil rapid non reaktif dan swab negatif, tapi imunitas tubuh sedang dalam keadaan tidak kuat. Maka pastikan anda benar-benar sehat sebelum memutuskan memulai perjalanan.

  1. Pilih Armada yang relatif aman

Jika memungkinkan gunakan kendaraan pribadi atau yang lebih private untuk menghindari berkerumun. Jika tak bisa dihindari maka gunakan armada yang relative lebih sedikit penumpangnya agar mengurangi resiko berkumpul dengan banyak orang. Jika tak ada jalan lain, bisa mengikuti step-step berikutnya saja.

  1. Patuhi protokol kesehatan

Jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan adalah 3 protokol penting yang tak boleh kita lewatkan sejak awal pandemic hingga sekarang. Baik kegiatan di sekitar rumah atau perjalanan jauh, aturan ini tetap sama. Jangan lupa masker yang digunakan harus yang 2-3 lapis dan ketika cuci tangan wajib memakai sabun.

  1. Membawa perlengkapan sendiri

Usahakan semua membawa milik sendiri semua keperluan perjalanan. Seperti hand sanitizer, tisu, bantal leher, sajadah/mukena. Pastikan semua milik sendiri dan tidak bergantian dengan orang lain apalagi jika harus singgah di tempat umum seperti masjid atau toilet umum.

  1. Perhatikan lingkungan

Dulu kita mungkin bias cuek jika berada di ruang tunggu, ketika antri, ketika berkerumun. Tapi demi menjaga kesehatan selama perjalanan di masa pandemic, maka kita harus sangat teliti jika disekitar kita ada yang terlihat batuk atau bersin, perhatikan kebersihan area tersebut dan perhatikan physical distancing orang-orang di tempat tersebut. Pastikan anda tetap jaga jarak, menjauh jika melihat ada bersin dan batuk juga selalu menjaga kondisi badan dilingkungan yang bersih.

  1. Hindari menyentuh mata, hidung, mulut

Jika sangat terpaksa Ingin megucek mata atau mengusap hidung karena merasa gatal, debu, dan sebagainya, maka pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih. Sudah mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer sebelumnya.

  1. Gunakan barang hanya sekali pakai

Jika menggunakan masker, tisu, dan pakaian maka hanya untuk sekali pakai. Jika perjalanan cukup jauh, maka bawalah tisu dan masker secukupnya. Jika harus mandi selama perjalanan, maka jangan gunakan pakaian yang sama.

  1. Tetap jalankan gaya hidup islami

Misalnya selama perjalanan, makanlah secukupnya, berhenti makan sebelum kenyang agar kita tak banyak membuka masker. Hindari makanan minuman haram, dan perbuatan haram lainnya selama perjalanan. Menjaga kebersihan selama perjalanan dan tidak melalaikan shalat.

  1. Kuatkan imun sebelum hingga sesudah perjalanan

Sebelum dan selama perjalanan hingga tiba, kuatkan imun tubuh dengan makanan bergizi, juga olahraga dan berjemur. Olahraga bisa dengan workout ringan, berjemur dengan matahari pagi. Imun juga dikuatkan dengan konsumsi madu, lemon, habbatusauda, rempah-rempah ataupun suplemen lainnya yang dipercaya bisa membantu menjaga kesehatan selama perjalanan di masa pandemi.

  1. jika merasa kurang sehat segera melapor

tidak semua perjalanan membuat syarat rapid test dan swab untuk penumpangnya. Karena itu jika di perjalanan merasa kurang sehat segera menghubungi petugas kesehatan terdekat dengan menceritakan kronologi selama perjalanan.

  1. Terus berdoa kepada Allah

Tidak ada daya dan upaya selain berharap kesehatan dan kesembuhan kepada Sang Maha Pencipta, yang Maha Menjaga. Jadi semua upaya tentu kita harus terus berdoa agar Allah menjaga kesehatan kita selama di perjalanan.

 

Nah, demikian sedikit tips yang bisa kami bagikan untuk menjaga kesehatan selama perjalanan di masa pandemi. Semoga perjalanan yang dilakukan menjadi nilai ibadah dan Allah senantiasa menjaga kita. Tips ini juga tetap dapat diterapkan kelak meski pandemi telah berakhir karena kesehatan tentu harus selalu kita jaga, bukan.

 

 

Fan page  : HALAL CORNER

FB Group  : http://bit.ly/1SL4wQB

Website    : www.halalcorner.id

Twitter      : @halalcorner

Instagram : @halalcorner

Penulis      :ruliretno Retno

Edit           :ruliretno Retno

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here