HALALCORNER.ID, JAKARTA – Tak terasa bulan ramadhan telah memasuki minggu terakhir. Meski tahun ini kita kembali melalui bulan penuh khidmat ini dalam pandemi Covid 19 namun antusiasme kaum muslimin demi menyambut hari kemenangan tidaklah berkurang. Meski himbauan larangan mudik telah disampaikan jauh-jauh hari sebelumnya, rasanya persiapan menghadapi lebaran tak pernah kalah meriah.

Menyiapkan hidangan favorit keluarga menjadi tradisi penting yang tak boleh dilewatkan. Ketupat, opor ayam, rendang, sambal goreng ati ampela seolah menjadi hidangan wajib yang tak boleh ditinggalkan.

Dibalik suka cita ini, selain harga yang cenderung melonjak naik, ada hal lain yang patut kita waspadai diantaranya beredarnya daging oplosan dan ayam tiren (mati kemarin). Tinggi permintaan membuat sebagian pedagang melakukan hal tidak terpuji dengan berlaku curang. Maraknya aksi okunum pedagang yang mengoplos daging sapi dengan daging lain dinilai cukup meresahkan masyrakat. Salah satu daging yang sering digunakan adalah daging kerbau. Secara fisik, daging kerbau dapat dikenali dengan mengamati serat daging kerbau yang lebih besar dan warna yang tidak merah pekat. Dari segi rasa, daging sapi mempunyai tekstur yang lebih halus dan empuk.

Daging lain yang sering digunakan sebagai oplosan daging sapi adalah daging babi. Biasanya harga daging ditawarkan dengan lebih murah namun dari segi hukun syar’i tentunya tidak halal bagi kaum muslimin. Secara fisik, daging babi dapat dibedakan dari serat yang lebih samar dan renggang, kandungan lemak yang lebih basah dan elastis serta tekstur yang lebih kenyal dan lembek.

Daging ayam juga kerap dicurangi oknum pedagang yang menggunakan ayam tiren (ayam mati kemarin) untuk dijual. Dari segi kesehatan, ayam tiren sangat tidak layak untuk dikonsumsi. Ciri ayam tiren meliputi dagingnya yang beraroma amis, warna yang tidak segar atau kebiruan, terdapat bercak darah di leher atau kepala dan tentunya harga lebih murah.

Sebagai konsumen yang cerdas, tentunya kita harus pandai memilah dan memilih daging sapi dan ayam yang baik dan halal untuk hidangan hari raya nanti.

HC/IB

Fan page                :  HALAL CORNER

FB Group               :  http://bit.ly/1SL4wQB

Website                 :  www.halalcorner.id

Twitter                   :  @halalcorner

Instagram               :  @halalcorner

 

Referensi : dari berbagai sumber

Foto : freepik

*IB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here