infused water

Infused water sebenarnya bukan produk baru. Tetapi merupakan produk yang telah hadir pada abad 10 – 11 Masehi. Dikenalkan oleh Ibnu Sina.  Infused Water ini menggantikan produk minuman suplemen yang menggunakan bahan-bahan additive seperti pewarna, pengawet, pemanis buatan. Fungsinya untuk mencegah dehidrasi dan mengembalikan kesegaran.

Apa sih Infused Water?
Merupakan campuran larutan (bisa air, minyak dan alkohol – khamr) yang dicampurkan dengan tumbuhan.  Tumbuhan berupa herba, berry dan bunga. Namun yang sering digunakan adalah media air.

Cara membuatnya :
Air dimasak lalu dimasukkan ke botol yang sudah ada tumbuhan dan didiamkan antara 4 sd 8 jam.

Naaah dimana titik kritisnya??
Minuman ini ada yg langsung diminum bersama tumbuhannya ada juga yang dipisahkan dan didiamkan dengan waktu yang lebih lama. Yang didiamkan lebih lama ini yang kritis, jika terjadi proses fermentasi dan mengandung alkohol maka ini adalah bentuk dari pembuatan khamr.

Terus boleh ga minum infused water ini?
Boleh saja selama memang belum mengalami proses fermentasi. Bila sudah mengalami fermentasi akan menghasilkan alkohol dan ini haram untuk diminum. Ciri infused water yang berfermentasi baunya menyengat, kecut tapi manis dan ada rasa semriwing.

Bagaimana pendapat kalian?