HALALCORNER.ID, JAKARTA – Rice paper merupakan sejenis kulit lumpia yang memiliki warna transparan dan bertekstur lembut yang biasa dipakai untuk membuat lumpia atau spring roll. Rice paper terbuat dari tepung beras, tepung tapioka dan garam yang dimatangkan dengan cara diuap atau dikukus dan selanjutnya dipotong berbentuk bulatan berdiameter 22 cm. Bulatan rice paper dijemur di atas papan bambu sehingga menghasilkan motif kotak-kotak seperti anyaman bambu. Penggunaan rice paper membuat isian akan terlihat cantik dan menarik serta lebih sehat karena proses memasak lebih sedikit.

 

Lantas apa titik kritis kehalalan rice paper?

Bahan dasar rice paper adalah tepung terigu dan tepung tapioka sehingga kita harus pastikan tidak ada bahan haram atau najis dalam proses produksi kedua produk tersebut. Tepung terigu teruat dari gandum sedangkan tepung tapioka terbuat dari ekstrak umbi singkong. Kedua nya merupakan bahan nabati sehingga berstatus halal. Namun, demikian, tepung-tepungan di pasaran sering ditambahkan bahan aditif lain untuk meningkatkan sifat tepung tersebut.

Salah satu bahan aditif yang digunakan adalah sistein-L yang berfungsi sebagai improving agent yang dapat melembutkan gluten, protein dalam tepung. Sistein-L sering kali terbuat dari bulu unggas atau rambut manusia. Hal ini lah yang menjadi perhatian kita sebagai kaum muslimin. Dan tentunya sumber sistein-L dengan jelas. Apabila sistein_L berasal dari bulu unggas, perhatikan bagaimana proses penyembelihannya apakah secara syar’i atau tidak, sedangkan sistein-L yang berasal dari rambut manusia sudah dipastikan berstatus haram.

Bahan lain yang ditambahkan ke dalam tepung adalah minera dan vitamin. Dari segi kehalalan, harus diperhatikan bahan pembuat vitami tersebut sebagai contoh bahan penyalut vitamin A seringkali terbuat dari bahan non halal sehingga akan menyebabkan tepung sebagai produk akhir juga berstatus tidak halal.

Referensi : dari berbagai sumber

HC/IB

Fan page                :  HALAL CORNER

FB Group               :  http://bit.ly/1SL4wQB

Website                 :  www.halalcorner.id

Twitter                   :  @halalcorner

Instagram            :               @halalcorner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here